10 Daerah Rawan Begal di Lampung – InfoLampung.id

0
83

infolampung.id , Daerah rawan begal di lampung – Begal atau pembegalan merupakan salah sau bentuk kejahatan yang marak terjadi terutama di wilayah Lampung sebagai akibat kriminalitas . Lampung merupakan provinsi yang terletak paling ujung di pulau sumatra. Berdekatan dengan ibukota Indonesia yakni  Jakarta dan hanya dipisahkan oleh selat sunda. Lampung merupakan gerbang saat memasuki kepulauan Sumatra. Provinsi ini juga dikenal dengan hewan endemiknya yakni gajah Sumatra dan juga hasil rempahnya berupa lada dan kopi.

Selain hal diatas, Lampung juga dikenal sebagai wilayah dengan tingkat kriminalitas pembegalan yang cukup tinggi. Bahkan lampung juga merupakan daerah yang mengimpor pelaku begal ke daerah lain. Jika anda berniat berkunjung ke Lampung atau juga bahkan anda ingin memutuskan untuk tinggal di provinsi ini dan ingin melakukan plesiran dengan kendaraan pribadi. Maka sebaiknya anda perlu memperhatikan beberapa wilayah ini sebagai cara mengatasi kriminalitas . Sebab beberapa daerah di lampung tergolong dalam 10 Daerah Rawan Begal Lampung , berikut daftar lengkapnya.

1. Lampung Selatan

Lampung Selatan merupakan kabupaten dengan ibukota Kalianda yang berada paling ujung di provinsi lampung. Di Kabupaten ini terdapat pelabuhan Bakauheni yang merupakan pintu penyebrangan bagi mereka yang ingin masuk ke pulau Sumatra dari pulau Jawa atau sebaliknya. Kabupaten Lampung Selatan juga masuk kedalam Kabupaten yang rawan akan tindakan pembegalan. Beberapa daerah yang dinilai cukup rawan antara lain Jalan menuju Pasir Putih, Kalianda Resort, Pelabuhan, terminal Bakauheni, dan jalan-jalan alternatif yang ada di Lampung Selatan.

Diprediksi ada 10 titik wilayah yang memang tindak kriminalitas begalnya tinggi sebagaimana contoh pelanggaran hak cipta . Oleh sebab itu, bagi para pelintas untuk berhati-hati dan tetap mawas diri. Jika mengalami hal yang aneh, segera berhenti di tengah keramaian atau kantor polisi terdekat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selin itu masih terdapat beberapa daerah yang cukup rawan dengan aksi pembegalan, antara lain Wisata Tabek Indah : Jalan menuju lokasi wisata ini memang kerap relatif sepi ketika bukan hari libur.

2. Pesawaran

Pesawaran sendiri merupakan salah satu Kabupaten baru di provinsi Lampung yang dinilai cukup rawan aksi pembegalan. Beberapa daerah yang masuk kedalam daftar merah antara lain adalah sepanjang jalan pasar tumpah gedung tataan, sepanjang jalan menuju pantai mutun dan pantai-pantai lainnya, dan teginenang. Lokasi tersebut  berada di sepanjang jalan yang tenang justru kadang bisa mengkhawatirkan . Terlebih memang masih jauh dari pemukiman, kerap sepi. Inilah yang meudian membuat aksi pembegalan marak terjadi di wilayaj tersebut. Tindak begal di tempat ini tidak hanya malam, pagi, dan siang hari saat kondisi sepi dan lalu lintas lenggang, kerap terjadi pembegalan.

3. Bandar Lampung

Meski di sebut sebagai ibu kota, dan selalu padat, ramai warganya, bukan berarti di Bandar Lampung tidak rawan begal, Justru di beberapa lokasi kerap terjadi pembegalan . Dimana sasarannya, anak muda/mudi, mahasiswa, pelajar, dan remaja lainnya. Wilayah di Bandar Lampung rawan begal ada di sekitar jalan Pramuka – Malahayati, jalan Arif Rahman Hakim – Gudang Sampoerna, jalan Ratu Dibalau – Pasar Waykandis, Jalan Teuku Umar – Pasar Koga, Jalan Katamso – Simpur Centre dan Jalan Soekarno Hatta – Teluk Ambon. Selain itu beberapa jalan di wilayah teluk Bandar Lampung.

5. Tanggamus

Jalan lintas barat Kilometer 107 – 108 Pekon Lakaran, Jalan lintas barat Kilometer 117 – 118 Pekon Sanggi dan Jalan lintas barat Kilometer 118 – 119 Jembatan Way Semaka. Merupakan daftar lokasi yang rawan begal untuk Kabupaten Tanggamus. Jika anda hendak memasuki kawasan ini, sebaiknya prediksi waktu keberangkatan agar sampai pada wilayah tersebut pada siang hari dalam contoh kejahatan kerah putih . Dalam kondisi ini lalu lintas masih relatif ramai sehingga anda masih bisa mendapat pertolongan jikalau ada begal yang hendak menyerang. 

6. Tulang Bawang

Sama dengan Kabupaten Tanggamus, daerah rawan begal di kabupaten Tulan Bawang juga terjadi disepanjang jalan lintas. Tepatnya adalah Jalan lintas pantai timur Kilometer 282 – 286, Jalan lintas timur Kilometer 113 – 119 Kampung Tua, Jalan lintas timur Kilometer 108 – 109 Astra Ksetra. Jalan ino merupakan jalur alternatif bagi mereka yang ingin menuju ke provinsi sumatera Utara. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk melakukan keberangkatan pada pagi hari, sehingga saat sore hari menjelang malam anda sudah bisa melewati daerah rawan ini. Sebab, sudah banyak sekali kasus pembegalan yang terjadi sehingga anda harus cukup waspada saat melintasi wilayah ini.

7. Metro

Sama halnya dengan Bandar Lampung, meski disebut sebagai kota, Kota Madya Metro bukan berarti menjadi wilayah yang  tidak rawan dengan tindak kriminalitas termasuk begal. Daerah Rawan begal terjadi di Sepanjang jalan Ganjar Agung, 16c, 16a, 24 (stadion), 22, 21, dan wilayah kota Metro lainnya. Untuk tindakan kriminalitas lainnya juga kerap menyasar, Terminal Kota Kelurahan Imopuro Metro, Jalan Alamsyah RPN Kelurahan Metro dan Kelurahan Iringmulyo Kecamatan Metro Timur

8. Lampung Timur

Lampung Timur cukup dikenal sebagai daerah yang rawan begal. Sebab di kabupaten ini, terdapat wilayah dengan nama Daerah Jabung. Jabung sendiri dikenal sebagai daerah penghasil begal, bahkan beberapa sumber informasi menyatakan bahwa satu desa diwilayah tersebut memiliki profesi dan mata pencaharian sebagai Begal. Tentunya jangan sekali-kali anda mencoba untuk berkunjung ke wilayah tersebut. Selain wilayah tadi masih terdapat lokasi lain yang rawan begal yakni di Jalintim Kilometer 198 – 203 Kecamatan Sukadana.

9. Mesuji

Mesuji juga menjadi Kabupaten yang cukup rawan tindakan pembegalan.  Lokasi yang cukup rawan terletak di Jalintim Kilometer 199 – 200 Desa Agungbatin. Jalur ini merupakan bagian dari jalur lintas timur yang biasa digunakan sebagai jalur alternatif menuju wilayah provinsi Sumatra Selatan. Jika anda memang hendak memilih jalur ini erutama menggunakan roda dua, maka sebaiknya hindari melewati lokasi ini saat malam hari. Sebab pada malam hari jalur ini relatif sepi sehingga resiko tindak pembegalan akan meningkat .

10. Lampung Utara

Kabupaten Lampung Utara dengan ibu kotanya adalah Kota Bumi, juga memiliki beberapa daerah yang rawan begal. Daerah tersebut antara lain adalah Jalan lintas Sumatera Kilometer 45 Wates Kecamatan Bumiratu Nuban, Jalan lintas Sumatera Kilometer 54 – 55 Desa Panggungan, Jalan lintas tengah Kilometer 72 Desa Tanjung Ratu dan Jalan lintas penghubung Desa Kecubung di Kilometer 72 – 73. Jalan-jalan yang ada di wilayah ini, diduga menyebar merata, tidak bisa diprediksi kejadiannya di daerah mana, karena kerap berubah-ubah. Namun,  setidaknya pemetaan sepanjang jalan lintas ini harus diwaspadai, karena tindak pembegalan kerap terjadi.

Tinggalkan Balasan