Beasiswa S1 Universitas Lampung (Unila)

0
51

Beasiswa di Unila

Beasiswa Supersemar

Merupakan bantuan dana pendidikan yang diberikan oleh Yayasan Supersemar kepada pelajar dan mahasiswa dengan persyaratan tertentu. Beasiswa ini bertujuan membantu meringankan beban di dalam mengatasi biaya pendidikan formal agar beasiswan (mahasiswa penerima beasiswa) terhindar dari ancaman putus kuliah.

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Adalah beasiswa yang diberikan untuk peningkatan pemeratan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar biaya pendidikannya sebagai akibat krisis ekonomi, terutama bagi mahasiswa yang berprestasi akademik.

Adapaun tujuan PPA secara umum yaitu Meningkatkan pemerataan dan kesempatan belajar bagi mahasiswa yang mengalami kesulitan membayar pendidikan. Mendorong dan mempertahankan semangat belajar mahasiswa agar mereka dapat menyelesaikan studi/pendidikan tepat waktunya. Mendorong untuk meningkatkan prestasi akademik sehingga memacu peningkatan kualitas pendidikan.

Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM)

Adalah beasiswa yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik tetapi kurang mampu dalam pembiayaan. Beasiswa ini bersumber dari pemerintah melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dikti). Beasiswa BBM diberikan selama 1 tahun (Januari sampai dengan Desember) dalam dua  tahap, yakni per semester

Beasiswa Bidikmisi

Adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian  Pendidikan  dan  Kebudayaan  mulai tahun  2010  kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi.

Bidikmisi merupakan program 100 Hari Kerja Menteri Pendidikan Nasional yang  dicanangkan  pada  tahun  2010.  Perguruan  tinggi  yang  mendapat bantuan  Bidikmisi  yaitu  perguruan  tinggi  di  bawah  Kementerian  Pendidikan dan  Kebudayaan  dan  Kementerian  Agama.

Program ini mempunyai misi untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat kurang mampu dan mempotensi  akademik  memadai  untuk  dapat  menempuh  pendidikan  sampai ke jenjang pendidikan tinggi.

Tinggalkan Balasan