Facebook, Instagram, WhatsApp DOWN. Serangan Cyber atau Maintenance ?

0
28

Infolampung.id – Hashtag #FacebookDown, #InstagramDown, dan WhatsApp menjadi topik terpopuler dunia. Tagar Facebook dan Instagram mulai menanjak sejak tujuh jam lalu dan bertengger di topik terpopuler dunia dalam satu jam bersamaan dengan meningkatnya keluhan soal layanan WhatsApp.

Lantas negara mana saja yang terdampak dengan gangguan layanan ini? Situs Down Detector mengompilasi lokasi-lokasi dimana ketiga layanan ini dilaporkan bermasalah.

Dari hasil laporan yang masuk ke situs tersebut sejak pukul 23:00 WIB, tercatat laporan gangguan terbanyak pada WhatsApp didapat dari Meksiko, Venezuela, Indonesia. Sebagian wilayah di Amerika Serikat, Argentina, Brazil, juga ikut melaporkan masalah ini.

Gangguan itu berupa tidak bisa memposting atau tidak bisa instastories, Tidak bisa mengirim gambar melalui whatsapp, dan tidak bisa memposting status di dinding fb.

Gangguan pada dua situs jejaring tersebut terjadi pada beberapa fungsi.

Pengguna Facebook tak bisa mengunggah foto atau membuat status baru.

Sementara pengguna Instagram tak bisa menggunggah gambar baru, membuka halaman profil, hingga tak bisa mengunggah InstaStory.

Apa penyebab gangguan dan kelumpuhan Instagram dan Facebook? Hingga Kamis dinihari belum ada jawaban pasti.

Facebook dalam unggahannya di Twitter hanya menuliskan pihaknya sedang berupaya menyelesaikan masalah tersebut sesegera mungkin.

“Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengakses kumpulan aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya menyelesaikan masalah ini sesegera mungkin,” cuit akun Facebook pada unggahan Twitter.




Tinggalkan Balasan