Makanan Khas Lampung – Cita Rasa Sumatera

0
18

Makanan khas Lampung – Lampung memang terkenal sebagai kota yang menghasilkan makanan-makanan khas paling enak. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke Lampung sebaiknya anda tidak melewatkan untuk mencicipi hidangan lezat hingga kue khas lampung.

Seruit

Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta acara keagamaan. Sementara itu, seruit ini juga sering dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Pepadun. Seruit merupakan sebuah makanan yang terbuat dari ikan bakar yang mix dengan berbagai sambal terasi khas kota Bandar Lampung seperti tempoyak ataupun ada pula yang menambahkan mangga.

Pada dasarnya ikan-ikan yang digunakan untuk membuat seruit cukuplah beragam, namun ikan yang paling sering digunakan ialah ikan yang berasal dari sungai seperti ikan baung, ikan balide, ikan layis dan lainnya. Saat menyantap seruit ini biasanya akan ditambahkan lalapan agar memberikan cita rasa yang lebih lezat dan nikmat.

Tempoyak

anda patut mencoba makanan khas kota Lampung yang satu ini. Tempoyang atau Tempoyak merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan dasar buah durian yang sudah difermentasikan.

Untuk proses pembuatan tempoyang atau tempoyak ini juga terbilang mudah yakni dengan cara menyiapkan daging durian yang tidak mempunyai kandungan air yang banyak. Nah, agar dapat membuat tempoyak yang lezat sebaiknya anda mencari durian dengan kualitas yang baik dan sudah benar-benar matang. Setelahnya anda bisa memisahkan antara biji dengan daging duriannya lalu diberikan sedikit garam.

Selanjutnya anda bisa menambahkan cabe rawit secukupnya, jika semua sudah dilakukan maka anda bisa menyimpannya di tempat yang tertutup ataupun jua bisa dimasukan ke dalam kulkan. Hal ini berguna untuk mempercetap proses fermentasi tempoyak. Apabila sudah difermentasikan selama 2 sampai 5 hari maka anda bisa segera mengolahnya dengan campuran ikan. Ikan yang biasanya digunakan cukup beragam seperti ikan mujair, ikan teri, ikan mas dan lainnya.

Bagi anda yang ingin membuat sambal maka harus mencampurkan bawang merah, bawang putih, cabe yang telah dihaluskan ataupun dipotong-potong kecil, kemudian tambahkan sedikit gula. Kemudian anda bisa mengorengnya hingga 3 menit, selanjutnya tempoyak bisa langsung dihidangkan dan dimakan.

Gulai Taboh

Gulai taboh memang dikenal sebagai makanan khas dari Lampung yang memiliki cita rasa yang sangat unik. Gulai taboh ini biasanyan terbuat dari ubi-ubian dan kacang-kacangan. Proses pembuatan gulai taboh terbilang sedikit mudah yakni dengan mencapurkan santan dengan kacang hijau ataupun kacang lainnya, serta juga bisa mencapurkan rebung dan kentang ke dalam masakan ini.

Jika ingin membuat rasa yang berbeda maka anda bisa menambahkan daun sirih atau terasi ke dalamnya. Dengan adanya perpaduan antara ubi dengan terasi tersebut dapat membuat makanan terasa lebih lezat dilidah.

Kue Engkak

Engkak merupakan makanan yang memiliki rasa yang cukup manis. Bahan utama untuk pembuatan engkak ialah telur dan mentega yang dihaluskan menjadi tekstur yang sangat lembek. Engkak ini sangat cocok disantap sebagai makanan ringan dan juga sarapan. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan engkak ialah gula pasir, tepung ketan putih, telur ayam, susu kental manis, santan serta mentega.

Selanjutnya semua bahan tesebut bisa anda campurkan menjadi satu lalu aduk hingga merata. Setelahnya anda bisa memasukan adonan tersebut ke dalam loyang yang sudah dioleskan mentega dan juga di beri alas kertas berih. Anda bisa memanggang kue ini layaknya lapis legit.

Pindang

Pindang merupakan salah satu makanan khas dari kota Lampung yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke kota yang penuh dengan pesona yang sangat menakjubkan ini. Pindang bisanya disajikan dengan kuah yang berwarna kuning. Pindang khas Lampung ini memiliki cita rasa yang sangat unik seperti asam gurih dengan aroma yang sangat kuat. Aroma yang kuat ini berasal dari duan kemangi yang dicampurkan ke dalam kuah.

Keripik Pisang

Keripik pisang khas Lampung memng sudah sangat poluler dikalangan masyarakat Indonesia dengan kelezatannya. Keripik ini terbuat dari pisang yang biasanya dipadukan dengan berbagai rasa yang bisa anda pilih sesuai selera seperti keju, coklat, susu, strawberry, balado, sapi panggang, macca, melon serta lainnya.

Kue Sekubal atau Segubal

kuliner lampung

Perlu anda ketahui, jika kue sekubal / segubal / segumpal ini merupakan salah satu jenis makanan khas dari Lampung yang sangat mudah untuk anda temui pada saat bulan Ramadhan. Makanan asli dari kota Lampung ini terbuat dari santan dan beras ketan. Kue segumpal ini biasanya disajikan saat ada perayaan adat dan juga saat berbuka puasa.

Kue Lapis Legit

Kue lapis legit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang biasanya disajikan pada saat hari lebaran. Kue lapis legit ini memang menjadi kue warisan zaman kolonial yang hingga saat ini masih banyak digemari oleh banyak orang.

Kue lapis legit atau spekkoek memiliki ciri khas utama yakni bumbunya yang sangat harum. Jika dilihat dari bentuk kue lapis legit memang temasuk kue-kue yang memiliki bentu yang mewah. Biasanya untuk satu loyang pembuatan kue lapis legit dibutuhkan 300 gram metenga, 100 gram tepung terigu serta 30 butir telur ayam.

Selanjutnya kue ini bisa dimasukan ke dalam open ataupun juga bisa dikukus. Kue lapis legit ini menawarkan rasa yang sangat enak dan terasa lembut di lidah pada saat disantap. Selain itu, kue lapis legit ini juga terdapat rasa manis dengan aroma bumbu kue lapis legit yang sangat harum.

Dalam proses pembuatan kue ini memang sangat diperlukan ketrampilan khusus dan juga kesabaran. Karena pada saat anda membentuk lapisan pada kue ini harus dikerjakan dengan teliti. Sehingga kue lapis legit dapat berbentuk sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Tinggalkan Balasan