Piala Kemenristekdikti, FFMI 2019 di IIB Darmajaya Finalisasi

0
6

infolampung — Persiapan pelaksanaan Festival Film Mahasiswa Nasional Indonesia (FFMI) yang digelar Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya siap digelar. Kepastian itu setelah panitia Kampus Biru itu mematangkan pelaksanaan kegiatan di Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenritekdikti) bersama panitia nasional lainnya, Senin (18/3/2019).

Wakil Rektor III IIB Darmajaya Muprihan Thaib, S.Sos., M.M., menjelaskan finalisasi pelaksananaan FFMI 2019 dibahas di ruang rapat Direktur Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Rapat dihadiri Dr. Didin Wahidin (Direktur Kemahasiswaan Kemenritekdikti). Kemudian, Okta Nugroho Shando (Kasubdit Minat Bakat dan Ormawa Kemenristekdikti.

“Selain saya sendiri, hadir juga German Mintapraja dari Institut Kesenian Jakarta, Aryanto dari Universitas Amikom, Paramita Wikansari dari Kasi Minat dan Bakat, dan sejumlah panitia dari Kemenritekdikti dan juri Dede Safara Wijaya dari Dewan Kesenian Lampung,” kata Muprihan, Selasa (19/3/2019).

Sebelumnya, lanjut Muprihan, panitia IIB Darmajaya, yaitu dari Darmajaya Computer dan Film Club (DCFC) sudah melakukan audensi dengan Kemenristekdikti di Jakarta, Jumat (11/1/2019) lalu. Dalam pertemuan tersebut, DCFC didampingi jajaran pimpinan rektorat berkoordinasi dengan Kemenristekdikti dalam penyelenggaraan. “Intinya, kita sudah siap menggelar FFMI,” kata Muprihan.

Dia juga menjelaskan event skala nasional seperti FFMI merupakan bagian dari aplikasi dalam bentuk karya. “Mahasiswa dapat menciptakan karya yang bagus dan bermutu dalam bentuk film. DCFC mampu untuk melakukan kegiatan skala nasional tersebut dan kita sangat support,” ujarnya.

Muprihan juga menjelaskan, pelaksanaan FFMI 2019 IIB Darmajaya akan dilaksanakan 24 Juni hingga 20 Juli 2019. Pendaftaran akan dilakukan usai Festival Film Lampung (FFL 2019 yang juga akan digelar IIB Darmajaya pada awal Mei 2019. “Pendaftaran Peserta Festival Film Mahasiswa Indonesia 2019 bisa dilakukan usai FFL,” kata dia.

Sedangkan Rektor IIB Darmajaya Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA, M.Sc memastikan pihaknya mendukung penuh pelaksanaan FFMI 2019 yang akan diadakan di kampus biru ini. “Selain kegiatan akademik, kami juga sangat mendukung kegiatan non-akademik seperti FFMI ini. Apalagi ini kegiatan bertaraf nasional, tentu akan membanggakan bagi institusi,” kata dia.

Firman berharap DCFC dan panitia nasional lainnya mampu menyelenggarakan FFMI 2019 ini dengan baik dan sukses. “Selain sukses pelaksanaan, kami juga berharap sukses prestasi. Tunjukan kalau kita mampu melaksanakan kegiatan atau event nasional ini dengan baik dan mendapat penilaian baik dari Kemenristekdikti,” kata dia.

Sementara, Ketua DCFC IIB Darmajaya Wayan Rida Arista menyatakan bahwa kesiapan menjadi tuan rumah FFMI 2019 merupakan perjalanan panjang dari DCFC yang konsen terhadap dunia perfilman nasional. “DCFC sebagai penggiat film bukanlah pendatang baru karena dalam kurun waktu 2004-2005 telah mengikuti festival film dan meraih juara ketiga,” ucapnya.

Rida, biasa dipanggil ini menerangkan setiap gelaran yang dilakukan DCFC pun direspon antusias oleh mahasiswa di Indonesia. “Ada yang dari luar Lampung bahkan pernah ada yang dari luar negeri. Dengan bekal tersebut kita beranikan diri untuk menjadi tuan rumah dan direspon positif oleh Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenrisetdikti Dr. Didin Wahidin,” tuturnya.

Dia menambahkan kampus selalu memberikan support kepada organisasi kemahasiswaan. Kegiatan-kegiatan positif yang meningkatkan kemampuan keilmuan dan berprestasi sangat didukung oleh kampus. “Pemberian dana bantuan kemahasiswaan dan peralatan selama ini menjadi bukti IIB Darmajaya mensupport. Kegiatan FFMI 2019 juga sangat didukung kampus,” kata dia. (**)

source:darmajaya.ac.id

Tinggalkan Balasan